BEST PRACTICE
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi |
SMP Negeri 1 Atambua |
Lingkup Pendidikan |
|
Tujuan yang ingin dicapai |
Agar siswa kelas VII yang belum memahami struktur dan kaidah kebahasaan dalam materi teks (prosedur, deskripsi, dll), dapat lebih mudah memahami materi ini. |
Penulis |
Loni Yohana Safe Kono (Guru Kelas VII) |
Tanggal |
Kamis, 17 November 2022 |
Situasi: Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
|
Ada beberapa siswa dalam kelas yang kesulitan memahami materi struktur dan ciri atau kaidah kebahasaan teks prosedur dikarenakan materi struktur dan ciri atau kaidah kebahasaan ini biasanya diajarkan dalam satu kali pertemuan sehingga siswa kesulitan untuk menyerap dan memahami materi ajar yang terlalu banyak diterima dalam waktu satu kali pertemuan.
Hal ini penting untuk dilakukan karena merupakan suatu kewajiban bagi seorang pengajar untuk bisa mengatasi masalah kemampuan peserta didiknya di dalam kelas dan lagi penting bagi siswa untuk memperoleh haknya yaitu mendapatkan pembelajaran yang baik dan mudah dipahami oleh mereka.
Peran: 1. Guru sebagai subjek praktik baik ini. 2. Peserta didik sebagai objek praktik baik ini. |
Tantangan : Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
|
Adapun beberapa tantangan yang ada dalam kegiatan mencapai tujuan praktik baik ini antara lain: 1. Kurangnya perhatian siswa dalam proses pembelajaran. 2. Kurangnya perhatian guru. 3. Kurangnya media pembelajaran inovatif yang digunakan dalam proses pembelajaran. 4. Kurangnya kemampuan guru mengolah materi pembelajaran. |
Aksi : Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
|
Langkah-langkah: 1. Guru menyusun rencana pembelajaran yang baru yang disesuaikan dengan karakteristik siswa serta memisahkan materi ajar antara struktur dan ciri kebahasaan teks menjadi dua pertemuan. 2. Guru mencari dan membuat media pembelajaran yang menarik sesuai dengan materi ajar yang akan dibawakan. 3. Guru memperhatikan cara penyampaian materi ajar. Penjelasan guru dibuat sedetail mungkin dan berkaitan langsung dengan kehiduoan sehari-hari peserta didik atau kontekstual. Pembelajaran diusahakan agar lebih terfokus pada siswa dalam artian siswa juga dituntut untuk ikut berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. 4. Pembuatan LKPD yang akan digunakan pun disesuaikan dan dibuat semenarik mungkin agar menjadi daya tarik bagi siswa untuk ikut aktif terlibat dalam pengerjaan di dalam kelas. |
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
|
Dampak dari aksi tersebut adalah peserta didik yang
sebelumnya mengalami kesulitan memahami materi ajar khusunya pada bagian
struktur dan ciri atau kaidah kebahasaan teks prosedur dapat lebih mudah
menerima dan memahami materi-materi ini. Respon dari berbagai pihak sangat positif.
Pembelajaran dari proses ini adalah, jika kita bekerja dengan sungguh-sungguh menjalankan tugas dan tanggung jawab kita dengan baik pula maka semua pekerjaan yang sulit akan menjadi lebih mudah dan membuahkan hasil yang baik pula. |
Komentar
Posting Komentar