Manfaat Konsumsi Bawang Putih


Bawang putih (Allium Sativum) mengandung minyak atsiri yang bersifat antibakteri dan antiseptik. Kandungan allicin dan aliin berhubungan dengan daya anti kolesterol. Daya ini akan mencegah penyakit jantung koroner. Bawang putih mengandung kalsium yang bersifat menenangkan sehingga cocok untuk mencegah hipertensi. Umbi batang bawang putih memiliki beberapa kandungan seperti saltivine yang dapat mempercepat tumbunya sel dan jaringan serta merangsang susunan sel saraf. Diallysulfide, alilpropil-disulfida berfungsi sebagai anti cacing serta kandungan lain seperti belerang, protein, lemak, fosfor, besi, vitamin A, B1 dan C. 
Adapun manfaat mengkonsumsi bawang putih adalah sebagai berikut:
1.Mengobati Flu dan Batuk
Kandungan sulfur membuat bawang putih memiliki bau dan rasa khas yang dapat meningkatkan kegiatan membran mucous di saluran pernapasan sehingga membantu melegakan hidung tersumbat dan mengeluarkan lendir. 
2. Mengobati Kolesterol
Studi yang dipublikasikan di "The Journal of The Royal College of Physicians" oleh Silagy CS dan Neil HAW tahun 1994 menyebutkan bahwa bawang putih adalah agen mengurangi lemak. Suplemen bawang adalah bagian terpenting untuk penyembuhan kolestrol tinggi. Dikatakan bahwa secara keseluruhan penurunan akan terjadi sebesar 12% dari total kolesterol. Penurunan ini terjadi setelah 4 minggu perawatan.
3. Mengobati Kanker
Beberapa penelitian epidemologis menyatakan bahwa orang yang banyak mengkonsumsi bawang putih memiliki risiko yang lebih rendah terkena kanker perut dan usus besar.
4. Mengurangi Risiko Preeklampsia
Riset menunjukkan konsumsi bawang putih dapat mengurangi risiko preeklampsia selama masa kehamilan. 
Bawang putih dapat membantu menaikkan lambatnya pertumbuhan berat badan bayi yang terlalu kecil. Kegiatan enzim-enzim penting yang berkurang pada kehamilan tidak normal juga sangat meningkat dengan diberikannya bawang putih.
Walaupun preeklampsia dan kelambatan pertumbuhan bayi merupakan kondisi kompleks namun mengkonsumsi tablet bawang putih secara standar dapat mengurangi kemungkinan komplikasi pada kelahiran.
5. Menyehatkan Otak
Universitas Missouri menemukan bahwa turunan karbohidrat dalam bawang putih yang dikenal sebagai FruArg akan melindungi sel-sel otak dari efek penuaan dan penyakit.
FruArg dalam bawang putih menghasilkan banyak sel mikroglia tanpa memicu peningkatan kadar oksida nitrat dalam otak yang artinya bawang putih menawarkan manfaat perlindungan bagi sel-sel otak dengan membuatnya lebih kebal terhadap risiko penyakit neurologis, seperti Demensia dan Alzheimer.
6. Penyembuh Wasir
Bawang putih juga dapat dipakai sebagai suppositoria (obat yang dimasukkan dalam dubur) untuk menyingkirkan wasir. Selain mengurangi radang, bawang putih bekerja dengan menguatkan pembuluh darah dan mematikan kuman di area rektum.
Pertama bersihkan dulu daerah anus dan sekitarnya dengan sabun dan air hangat, oleskan beberapa siung bawang putih yang sudah dihaluskan beberapa kali di area yang telah dibersihkan, diamkan beberapa menit lalu bersihkan lagi.

Semoga Bermanfaat😇

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BEST PRACTICE

Manfaat Konsumsi Mentimun